Tugas TOU 4
1. Di dalam melakukan perubahan atau penyesuaian
organisasi harus melihat pada factor-faktor yang umum dapat mempengaruhi, maka
hal yang terpenting dalam perubahan harus melihat pada aspek ?
1. Aspek yang dapat
dilihat meliputi :
a. Globalisasi
b. Reformasi politik
c. Serikat pekerja
d. Perubahan status
perusahaan dari milik negara menjadi swasta atau sebaliknya
e. Perubahan demografis
dan struktur keluarga
2. Apa yang dimaksud dengan records retention
schedule ?
Adalah suatu kebijakan yang harus dilakukan dalam rangka proses
management, dimana berhubungan dengan penggolongan secara langsung untuk
melakukan pemilihan distribusi atau disposisi dari record yang perlu disimpan
maupun record yang harus dimusnahkan.
3. Pemasalahan record retention schedule setiap
organisasi masalah ini bersifat relative, sebab terdapat perbedaan, sifat
relative ini tergantung pada, sebutkan ?
a. Masa aktif dari
record retention schedule tersebut.
b. Jenis organisasinya.
4. Jelaskan dalam bentuk bagan hubungan timbale
balik antara manajemen, organisasi dan metode atau tata kerja ?
Hubungan
Timbal Balik Antara Manajemen dan Organisasi
Karena pada proses kegitan tersebut sudah ada organisasi sebagai
wadah atau tempat berkumpulnya, jadi kerjasama untuk penyelesaian kegiatan
tersebut lebih efektif. Sehingga secara langsung antara manajemen dan
organisasi terjadi hubungan timbal balik yang baik karena keduanya saling
memerlukan, dengan adanya keduanya sehingga kejasama yang dibangun lebih efekif
dalam pencapaian tujuan.
Hubungan
Timbal Balik Antara Manajemen dan Metode (Tata kerja)
Dimana suatu manajemen dengan adanya metode atau tata kerja lebih
teratur karena pada proses kegiatan tersebut dapat ditangani secara bertahap
dan lebih terfokus sehingga jika terjadi kejanggalan dapat lebih ditangani
secara cepat dan tepat sasaran, sehingga waktu yang ada tidak terbuang dengan
percuma dan tidak terjadi pemborosan. Jadi untuk mencapai tujuan dapat lebih
tepat sasaran.
Hubungan
Timbal Balik Antara Organisasi dan Metode (Tata Kerja)
Dengan adanya metode atau tata kerja dalam organisasi sehingga
pada proses kegiatan dapat menyusun perencanaan kerja, dengan lebih
terkoordinir dalam membentuk sekelompok manusia yang melakukan kerjasama dengan
memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya dan tepat dalam mencapai
tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga hubungan timbale baliknya juga sangat
baik.
Hubungan
Timbal Balik Antara Organisasi, Manajemen dan Metode (Tata Kerja)
Jika ada organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan dengan
kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat
dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang
ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan
efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan
tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk
ketiganya.
Eratnya
hubungan atau hubungan timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah sebagai
berikut :
1. Manajemen:
proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.
2. Organisasi:
alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerja sama.
3. Tata
Kerja: pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus
dilaksanakan
sehingga
tujuan tercapai secara efisien.
5. Jelaskan dimensi-dimensi yang menjadi dasar dari
evolusi organisasi ?
1. Merefleksikan bahwa
organisasi itu adalah sistem
2. Berhubungan dengan
hasil-hasil akhir dari struktur organisasi.
http://www.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar