PROSEDURE PENGGANTIAN STNK HILANG/RUSAK.
Untuk mengurus STNK yang hilang, siapkan persyaratan data berikut :
1. KTP pemilik kendaraan, asli dan fotokopi.
2. Fotokopi STNK yang hilang.
3. Surat Keterangan Hilang STNK dari Polsek atau Polres setempat.
4. BPKB asli dan fotokopi. (Jika BPKB ada pada leasing, mintakan surat keterangan dari Leasingnya)
Prosedur pengurusan STNK hilang adalah sebagai berikut:
1. Cek Fisik kendaraan. Fotokopi hasil cek fisiknya.
2. Mengisi Formulir Pendaftaran.
3. Mengurus Cek Blokir (Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang dari Samsat), berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian. Lampirkan hasil cek fisik kendaraan.
4. Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II. (Lampirkan semua persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat).
5. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. (Bila telah dibayar maka bebas biaya pajak).
6. Membayar Biaya Pembuatan STNK baru.
7.Pengambilan STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
8. Selesai.
Saran : Fotocopy surat-surat kendaraan anda, simpan ditempat aman sebagai arsip. Hal ini bertujuan memudahkan pengurusan apabila ada dokumen kendaraan anda yang hilang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar