Teori Organisasi Umum (Tugas 8)
1. Proses kegiatan
seorang pimpinan yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara pemikiran ilmiah dan praktis untuk mencapai tujuan yang
tetapkan melalui kerja sama manusia dan pemanfaatan sumber daya dan waktu yang
tersedia, disebut :
• Perencanaan.
2. Suatu cara
bagaimana agar sumber-sumber daya yang diperlukan dapat dimanfaatkan dengan
setepat-tepatnya sehingga kegiatan menajemen dapat dilaksanakan, disebut :
• Metode.
3. Organisasi
sebagai alat untuk mencapai tujuan dapat dilihat sebagai wadah dan sebagai
proses, organisasi sebagai wadah akan bersifat :
• sebagai wadah
untuk berintegrasi, berelasi dan berkomunikasi sekelompok orang yang saling
bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu, atau dengan kata lain organisasi
sebagai wadah pelaksanaan administrasi atau manajemen. Sifatnya STATIS.
4. Organisasi
dapat dikatakan sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama
yang efisien untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, hal ini organisasi
dapat dilihat dari segi :
• Tata kerja.
• Visi dan misi
organisasi.
5. Sekelompok
manusia yang dengan sengaja dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien
untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan, disebut :
• Organisasi.
6. Organisasi
dapat bersifat memberikan suatu kepastian dan ketentuan-ketentuan tentang
pelaksanaan hubungan kerja sama manusia, maka organisasi bersifat :
• Terstruktur /
terstandarisasi.
7. Organisasi
dapat dilihat dari hubungan orang sebagai anggota, dari hubungan ini maka akan
muncul yang disebut :
• Dinamika organisasi
dimana menuntut perhatian pengurus dan anggotanya. Dinamika organisasi yang
harus dikelola secara cerdas dan konstruktif ialah terletak pada konflik yang
sering timbul di suatu organisasi, karena dalam kenyataannya konflik tidak
selamanya bersifat destruktif akan tetapi akan mampu meningkatkan produktifitas
suatu organisasi apabila dapat di atasi dan dikelola dengan baik.
8. Faktor-faktor
yang bersifat internal yang mempengaruhi sifat dinamis organisasi, adalah :
• Visi dan misi.
• Hubungan antar
anggota organisasi.
• Tata kerja.
9. Dengan sifat
dinamis, organisasi dapat melakukan perubahan dan perbaikan,
perubahan-perubahan tersebut menyangkut pada hal :
• Organisasi mengalami
perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan.
Tantangan itu timbul sebagai akibat pengaruh lingkungan (lingkungan
organisasi). Yang dimaksud dengan lingkungan organisasi adalah keseluruhan
faktor yang mempengaruhi organisasi dan kegiatan organisasi. Faktor faktor yang
mempengaruhi organisasi tersebut adalah luas, dan jumlahnya cukup banyak.
I. Faktor Intern
·
Perubahan kebijakan pimpinan
·
Perubahan tujuan
·
Pemekaran/perluasan wilayah operasi organisasi
·
Volume kegiatan yang bertambah banyak
·
Tingkat pengetahuan dan keterampilan dari para
anggota organisasi
·
Sikap dan perilaku dari para anggota organisasi
·
Berbagai macam ketentuan atau perarturan baru
yang berlaku dalam organisasi
II. Faktor Ekstern
·
politik
·
hukum
·
kebudayaan
·
teknologi
·
sumber alam
·
demografi
·
sosiologi
10. Cara bagaimana
pelaksanaan kerja yang seefisien atas suatu tugas yang diperoleh dengan
mengingat segi-segi tujuan, peralatan, fasilitas, tenaga kerja, waktu, ruang,
jarak, biaya, disebut :
• Tata kerja dan membuat
divisi-divisi yang dimana tiap anggota divisi mempunyai tugas dan tanggung
jawab masing-masing.
Teori Organisasi Umum Tugas 5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar